I LOVE BANDUNG, JADIKAN BANDUNG KOTA WISATA DUNIA

Senin, 25 Agustus 2014

On 18.39 by Unknown in ,    2 comments
Apa kabar akang teteh muda mudi nu garanteng gareulis?. nuju galau?. Hehehe... ya akang mau ngenalin cemilan ringan berbahan dasar singkong dan ubi yang khas dari kota kembang dan tanah sunda. Yaitu....... Comro atau Oncom Dijero (Oncom didalam) dan Misro Amis Dijero (manis didalam). Lapak yang akang datengin ini berletak di jalan PSM, Kiaracondong. Namanya Comro Pedas dan Misro Manis PSM Pa Udin. Makanan Khas Bandung

ini lapaknya
Dan owner nya bernama Pa Udin. Laki laki paruh baya yang membuat karya makanan ringan khas Sunda di bandung ini. Pa Udin sering menerima pesanan dari dosen-dosen, mahasiswa untuk acara kampus, Syukuran dll. Karena Tempat usaha Pa Udin ini dekat dengan UNJANI (Universitas Jendral Ahmad Yani). pokonya produk terpercaya.
Pa Udin (owner)

Pa Udin (owner)

Dengan harga yang sangat murah yaitu Rp.500 perbuahnya. Anda sudah dapat mencicipi rasa pedas yang khas dari comro dan manisnya gula merah dari misro.

Yaa akang akan sedikit membahas cara membuat comro :
Resep Comro dan misro Bandung
Bahan-bahan :
1. Singkong 500gr (dikupas, cuci bersih)
2. Kelapa 100gr
3. Tepung kanji 2 sendok - 2,5 sendok makan
4. Daun bawang di cincang secukupnya
5. Minyak goreng secukupnya

Bahan isi :
1. Oncom di hancurkan kasar 150gr
2. Bawang putih 2 buah
3. Bawang merah 2 buah
4. Daun bawang dicincang secukupnya
5. Cabe merah secukupnya (tergantung kesukaan)
6. Merica bubuk 1/2 - 1 sendok teh
7. Garam secukupnya
8. Gula putih secukupnya

Cara membuat :
1. Parut singkong dan kelapa lalu campur dan uleni hingga tercampur rata. tambahkan tepung kanji     dan sedikit garam. Diamkan dan tiriskan untuk membuat air yang berlebih.
2. Tumbuk bahan isi (Bawang merah, bawang putih, cabe) lalu tumis dengan sedikit minyak hingga     harum. lalu tambahkan garam, gula, merica, oncom. Tumis hingga tercampur rata lalu angkat         dan sisihkan sampai kandungan minyaknya hilang.
3. Ambil adonan singkong tadi secukupnya, pipihkan, isi dengan bahan tumis oncom, lalu buat bulat     dan padat. Sampai semua adonan habis.
4. Goreng adonan berisi tadi dengan minyak panas sampai berwarna kuning keemasan. lalu tiriskan     dan pastikan kandungan minyaknya berkurang lalu sajikan selagi hangat.

Ok... next kita buat misro
Bahan - bahan :
1. Ubi singkong bisa ubi ungu juga 1kg (kupas, parut kasar)
2. Garam 2 - 2,5 sendok makan
3. Minyak goreng secukupnya

Bahas isian :
1. Gula merah atau gula kawung atau gula aren (tergantung kesukaan) 350gr potong halus

Pembuatannya :
1. Ulenin ubi dan campur dengan garam hingga kalis dan rata.
2. ambil adonan ubi secukupnya lalu piphkan, isi dengan gula secukupnya. Lalu tutup dan buat           menjadi bulat atau lonjong (sesuasi selera). Lakukan terus sampai adonan habis.
3. Siapkan minyak panas lalu goreng hingga kecoklatan, lalu tiriskan.


Gampang kan????? paling enak dua duanya disajikan bareng terus kasih cocolan sambel buat comro. minumnya teh hangat atau yang khas dari bandung ada bajigur atau bandrek anget-anget.

Dan kurang lebih seperti inilah penampakannya. Enak dimakan bersama dengan keluarga atau teman-teman tercinta.

Penampakannya

OK makasih dan selamat mencoba

#BANDUNGTEAATUH

2 komentar: